Kegiatan dan Prestasi

KEGIATAN DAN PRESTASI PERPUSTAKAAN UMUM EDELWEIS

Perpustakaan Umum Kel Tawangmanngu

KELURAHAN TAWANGMANGU

     Perpustakaan Umum Edelweis sejak didirikan (2001), hingga sekarang berperan serta dalam mengadakan berbagai macam kegiatan, dan Alhmdullillah mendapatkan sambutan dari masyarakat. Selain kegiatan bimbingan belajar dengan sistem solusi alternative (alternative solution), kegiatan Pesta Kebun (Garden Party, Out Bond Education) (2005-2012), juga melibatkan diri dengan kegiatan lingkungan sekitar dan peduli bencana (salah satu teman mengistilahkan 'Menyambut Pagi' ketika kami membantu rekan di desa Mawen, Wedi Klaten pada peristiwa musibah gempa bumi), antara lain :

1. Para Pengurus menjadi relawan dalam musibah gempa di Mawen, Wedi, Klaten, mengadakan temu wicara dengan anak-anak, dengan mengadakan hiburan, membaca puisi, lomba dll. 11 Juni 2006 (Sisipan : Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan rekan, teman dan sahabat kami dari Banyuraden, Sleman, Jogyakarta saat musibah tanah longsor di desa kami, Desa Mogol tahun 2005).

2. Pengelola Perpustakaan Umum Dra. Dewi Sri Lestari, mewakili Perpustakaan Edelweis (salah satu peserta Pilot Project CCFI) memberikan presentasi Lokakarya dengan judul ' Perpustakaan Edelweis dan Perkembangannya Sebagai Rumah Belajar' di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok (Diikuti 10 Propinsi, 20 peserta dari Departemen Pendidikan Nasional Jakarta, Perpustakaan dan Wakil ketua PKK Pusat serta DKI Jakarta). (Dua orang wakil dari Perpustakaan Kartini, Prigen Pasuruhan Jawa Timur, Bapak Kasno (mantan ketua KNPI Pasuruhan), dan Ibu Yuni wakil dari, PKBM Banyuraden, Sleman, Jogjakarta), 13 Juni 2006.

3. Bersama dengan Koordinator Rumah Belajar Edelweis Abdul Aziz At tamziz, pengelola,  menghadiri, launching buku 'Rumah Belajar' seri 1 dan 2 CocaCola Foundation Indonesia, bekerja sama dengan lsm Ibnu Taimmiyah Jakarta. Pada saat itu sdri Dewi Sri Lestari (pengelola), mewakili Edelweis bersama dua rekan dari Prigen, Pasuruhan Jawa Timur dan Banyuraden, Sleman Jogjakarta menerima penghargaan sebagai salah satu peserta pilot project (kami sempat diwawancara oleh beberapa wartawan Jakarta ketika di podium, salah satu pertanyaan yang menarik dari Koran Republika adalah, apakah perpustakaan yang anda kelola dengan sistem tersebut mampu menampung anak-anak jalanan? Lalu saya jawab, bahwa di daerah kami tidak ada istilah 'anak jalanan', tetapi 'adik-adik dari lintas kelurahan' (karena peserta di rumah belajar dari lingkungan RT,RW bahkan dari luar kelurahan Tawangmangu) Diselenggarakan di Perpustakaan Nasional Jakarta 6 Juli 2006. (Pada saat itu sdri. Dewi sempat diwawancara secara khusus oleh wartawan 'jurnal Perempuan' untuk keperluan media internet).

4. Perpustakaan Umum bekerja sama dengan GAPAMA (Karang Taruna RT 3,4 dan 5 RW 1), mengadakan Bazar Produk Unggul Tawangmangu  di Gedung Sarawati Kantor Kelurahan Tawangmangu (25-29 Juli 2007)

Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta

5. Mengantar peserta lomba majalah Dinding diselenggarakan oleh Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar di Gedung Pemuda (Perpustakaan dan Arsip menyelenggarakan even lomba setiap satu tahun sekali). Pada saat itu Pengelola mendapatkan kesempatan tampil di Radio Ria FM Solo, wawancara tentang persiapan anak-anak dalam menghadapi lomba tersebut 26 April 2008.

6. Demo masak makanan bergizi anak dengan tema 'Bekal Makanan di Sekolah' dalam pertemuan PKK lingkungan Tawangmangu tahun 2009, oleh pengelola dalam rangka sosialisasi buku perpustakaan.

7. Lauching makanan khas Tawangmangu kue Mankring, Gethuk Gula Jawa (Mandarin), Utri dll. di rumah makan ' Bangun Tresno' Balekambang Tawangmangu 2009-2010. Pada waktu  hampir bersamaan sdri Dewi (bersama 4 rekan dari Kabupaten Karanganyar), mendapatkan bea-siswa unggulan dari Departemen Pendidikan Nasional kerja sama Luar Negeri Jakarta, untuk Peneliti, Pencipta, Penulis, Seniman, Wartawan, Olahragawan, Tokoh (P3SWOT), dengan penelitian yang berjudul, ' Analisa Perkembangan Rumah Belajar di Perpustakaan Edelweis dan Dampaknya Bagi Masyarakat Tawangmangu' pada bulan Desember 2010.

8. Bekerja sama dengan Karang Taruna Kelurahan Tawangmangu dan Departemen Sosial mengadakan Sarasehan Pemuda dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke 83 di Gedung Petirahan Kartini.  Dihadiri oleh ketua KNPI Bapak Parmi, Danramil,  Bapak Suparmin sebagai pembicara dan tokoh-tokoh pemuda dari berbagai elemen di masyarakat. tanggal 28 Oktober 2011.

9. Perpustakaan Umum Kelurahan Tawangmangu, membuka Stand Pustaka, info wisata dan sampel makanan khas Tawangmangu, dalam rangka ' Apresiasi Seni dan Budaya Tawangmangu serta launching event Kalender tahun 2013, diselenggarakan oleh lsm 'bagasMata' Tawangmangu berkolaborasi dengan Kecamatan dengan sponsor Smartfrent, diselenggarakan di Pasar Tawangmangu 13-14 Oktober 2012. (Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara atas kesempatan ini).

10. Perpustakaan dan info wisata buka stand di Parade Reog, 30 Juni 2013

PRESTASI PERPUSTAKAAN UMUM KELURAHAN TAWANGMANGU

1. Juara lomba Perpustakaan tingkat kabupaten Karanganyar tahun 2005.

2. Juara harapan 1 lomba Perpustakaan tingkat Jawa Tengah tahun 2005.

3. Menjadi salah satu pilot project buku Panduan Rumah Belajar CCFI (CocaCola foundation Indonesia) tahun 2006.

4. Juara Harapan 1 lomba Perpustakaan tingkat kabupaten Karanganyar tahun 2008. Tahun 2011 kami sempat mengikuti lomba Perpustakaan tingkat kabupaten namun belum beruntung, pada waktu itu juara umum diraih peserta dari Colomadu disusul kemudian peserta dari Matesih dengan hadiah pihak pengelola mendapatkan kesempatan kuliah di jurusan Perpustakaan atas biaya pemerintah).


 


      Harapan kami semoga perpustakaan menjadi bagian dari penyelenggaraan pendidikan selain media formal (Sekolah, akademi, universitas, bimbingan les dll.), media/wadah tolok ukur ide dasar pengembangan ilmu dan teknologi, mampu menjadi pioner bagi lingkungan masyarakat,  berKetuhanan Yang Maha Esa, cerdas, bertoleransi, mandiri, sebagai jembatan keberadaban di era dunia yang semakin maju dan mampu menghadapi era globalisasi, berkompetitif dengan belahan dunia lain, semoga.

(Kami masih menunggu bantuan-bantuan anda, terutama buku-buku untuk anak-anak dan remaja. Karena kami juga mengadakan klinis perpustakaan di beberapa lembaga yang membutuhkan bantuan buku serta fasilitas lain terima kasih atas perhatiannya)

(Tunggu Info-info selanjutnya ya..!)

Tidak ada komentar:

Ubah Pilihan Bahasa / Edit Language Translation