Newsletter Perpustakaan Umum Kelurahan Tawangmangu

Newsletter 'SUARA TAWANGMANGU BERWISATA' Edisi 2 Maret 2013(Bag.I)

   Dari Redaksi,
    Lama newsletter tidak menyapa pembaca karena, perpustakaan sedang mengadakan pembaharuan dan pembenahan katalogisasi dan penertiban administrasi. Kami memiliki program lebih dekat dengan masyarakat dengan sistem jemput bola (delivery order)
     Edisi kedua kali ini, tentang kontribusi masyarakat terhadap saudara kita yang sedang mengalami musibah banjir di ibu kota Jakarta di artikel Apa Kabar Tawangmangu. Taman Balekambang dengan nuansa baru dan menyegarkan mata kita di artikel Info Wisata

1.TAWANGMANGU APA KABAR?!
     Tawangmangu Peduli Banjir Jakarta
          Dalam rangka peduli Jakarta Banjir, masyarakat kecamatan Tawangmangu memberikan bantuan pada hari Kamis, 17 Januari 2013. Ditemui di kantor Kecamatan, kami berbincang-bincang dengan bapak Gunarto,S Sos, Kepala Seksi Sosial Kecamatan Tawangmangu. Bantuan yang dikoordinir kantor Kecamatan Tawangmangu bekerja sama dengan komunitas pedagang pasar tersebut berupa, bahan-bahan makanan, sayur mayur seperti terong, kentang, wortel dls. Mie instan 55 dos, beras terkumpul 1 ton 210 kg,
ketela pohon dan ketela rambar 26 karung 520 kg. Dan sejumlah uang. batuan tersebut sebagai kesiapan warga atas saran dari Bupati, Ibu Hj. Dr. Rina Ariani Tri Ratnaningsih M Hum, Kemudian disampaikan oleh camat Tawangmangu Bapak Yopi Eko Jati Wibowo, S Sos. kepada masyarakat Tawangmangu. Elemen-elemen masyarakat memberikan sumbangan tersebut antara lain, Pendidik, Perhotelan dan komunitas pedagang pasar. Patut diacungi jempol adalah sikap spontanitas warga, demikian disampaikan oleh Bapak Gunarto. Selanjutnya beliau menyampaikan pesan dari Bapak Camat menyampaikan terima kasih kepada warga Tawangmangu atas kepedulian dan partisipasinya membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam.
2.INFO AKTUAL
   Kepindahan Dua Staf Kantor Kelurahan 
     Baru-baru ini dua staf kelurahan pindah tugas antara lain:
  • Sekretaris Kelurahan (Carik), Bp. Ngadiman, SE mendapat tugas baru di Badan KESBANGPOL     Kabupaten Karanganyar
  •  Kasi TRANTIB, Bp Putut Wibowo, SE mendapat tugas baru sebagai Kasi Pemerintah Kecamatan Matesih. Kepada rekan-rekan juga sesepuh, kami mengucapkan selamat menjalani aktifitas yang baru, semoga sukses selalu amin.
3.KUPAS BUKU
Jalani Bisnis Anda Dengan Sentuhan Personal
      Sebagian orang begitu sibuk menjalani rutinitas harian bisnis mereka sampai-sampai lupa untuk melakukan sesuatu yang spesial bagi klien atau pelanggan mereka. Anda beranggapan jika klian (pelanggan) anda senang otomatis mereka akan menelpon anda ini tidak selamanya benar. Misalnya penjual dengan pelanggan, si penjual memberikan ekstra hadiah dalam situasi tertentu atau layanan yang ramah dengan pelanggan. Tips2 seperti ini kita jumpai di buku berjudul "101 Kunci Sederhana Mengembangkan Bisnis Dari Rumah", tulisan Jacky Lee. Anda bisa meminjam atau memfoto copy di Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan Umum Edelweis Kelurahan Tawangmangu)

4.PSIKOLOGI : Bagaimana Bangkit Dari Trauma Masa Lalu
     Siapa takut tikus? Situasi menjadikan takut tikus karena puncak emosi tidak menyenangkan terbentuk pada masa lalu, atau kata lain memiliki tombol-tombol masa lalu atau cantholan memori menyebabkan berpersepsi, bisnis gagal dls. Cara mengatasinya:
  • Memberi arti yang berbeda (lebih positif lebih baik), misalnya, susah tandanya akan naik kelas
  • Takut kegagalan, tidak ada kata gagal yang ada sukses atau belajar.
  • Memecahkan memorinya. Menelusuri masa lalu kemudian memecahkan memorinya dengan cara membayangkan kejadian tersebut kemudian coba berusaha alihkan ke salah satu tokoh lucu di dipean jari-jari tangan kita kemudian tangan kita tepuk (diambil dari Acara TVRI TDW jam 8 malam 15 Februari 2013)
5.CERITA HUMOR

Uang Sekolah
     "Bu, Adul minta uang bapak kasih 15 ribu rupiah". Apa Adul tidak bilang uang itu untuk apa Pak?!". "Tidak, cuma bilang untuk sekolah". "Walah Pak, Adul itu usianya berapa?"."Anak itu usianya 10 tahun kok dipercaya". "Lho gimana to Bu?". "Uang 15 ribu itu biasanya ia pake untuk maen plays station sama nraktir teman-temannya". "Ini gara-gara Bapak membelikan dompet orang dewasa. Adul pasti mengira dapat gaji dari bapaknya menurut dia sekolah itu sama dengan kerja"."O. gitu to".
PERPUSTAKAAN HARI INI
Program Perpustakaan Hari Ini
     Masa pembenahan adminisrasi masih dalam proses selesai termasuk pemanfaatan kotak katalog. Fungsi catalog untuk memudahkan pengunjung perpustakaan dalam mencari buku yang diinginkan atau mencari tahu buku apa saja di perpustakaan.
     Program jemput bola (delivery order) agar lebih dekat dengan warga masyarakat kami akan kami laksanakan pertengahan tahun ini. Program kegiatan eksperimen dan kegiatan intonasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, antara lain belajar pidato, baca puisi dan menyanyi bagi anak-anak SD, SMP dan SLTA bahkan umum bisa ikut menjadi peserta. Fasilitas yang disediakan, kaset dan video film.

6.OPINI 
Hujan Deras Tiap Hari
    Tawangmangu hampir setiap hari diguyur hujan. Dari anak-anak TK hingga bapak-bapak ibu-ibu menyediakan songsong (payung)atau mantel hujan ketika melakukan kegiatan sekolah atau beraktifitas diluar rumah. Konon karena musim hujan saat ini cukup lama, warga satu kampung menderita flu dan batuk. Alhamdulillah di Tawangmangu tidak memungkinkan terjangkitnya DBD (deman berdarah), menurut dr. Budi, nyamuk penyebab demam berdarah tidak bisa tumbuh di daerah yang berhawa dingin seperti Tawangmangu.
     Maka bagi warga segera berobat apabila terkena flu dan batuk dengan gejala, tubuh menggigil, batuk kerongkongan terasa gatal-gatal dan badan demam terasa pegal-pegal. Minum banyak air putih dan makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti pisang, jeruk tomat dls.
     Kalau hujan sering jalan meluap karena banjir yang datangnya dari trotoar. Trotoar yang berfungsi sebagai tempat pejakan kaki dan saluran air bisa jebol karena air yang meluap. Diharapkan kesadaran warga untukt tidak membuang sampah terutama sampah plastik ke dalam trotoar. Caranya dengan membakar limbah plastik.


Tidak ada komentar:

Ubah Pilihan Bahasa / Edit Language Translation