INFO ARTIKEL DAN BUKU BERKAITAN 
DENGAN PERPUSTAKAAN EDELWEIS DAN PENGELOLA  TAHUN 2006-2024


1. BUKU RUMAH BELAJAR SERI 1 DAN 2

     Perpustakaan dengan mindset Rumah Belajar, sangat efektif sebagai saung, tempat singgah, dan aktiftas belajar bagi pelajar, mahasiswa dan warga sekitar. Pada seri 1 beberapa contoh kegiatan dengan mengadakan survey terlebih dahulu keinginan, kebutuhan warga, Garden Party Education (pesta kebun edukasi), bedah buku (memperkenalkan buku baru), membantu anak disabilitas, nonton bioskop kecil-kecilan. Beberapa contoh kegiatan di beberapa Perpustakaan dan TBM.  Rumah Belajar kami: membantu promosi lomba mewarnai dari Pemuda Karang Taruna, promosi panggung musik, informasi pekerjaan, bahkan saat menghadapi peristiwa darurat seperti tanah longsor, banjir, mungkin bisa menjadi tempat alterantif warga dalam menyelesaikan masalah2nya. Tentunya bukan tanpa batas, agar tidak bias, sesuai juklak transformasi perpustakaan, masalah yang bersifat mendesak dalam upaya meningkatkan taraf hidup warga berdampak dan juga kesepakatan dari para pihak donatur dengan cara mengajukan proposal advokasi. Di seri ke 2, adalah bagaimana cara penyelenggaraannya (dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda dengan formasi yang disepakati bersama). Asas Rumah Belajar adalah asas gotong royong. memilih pengurus, agenda kegiatan dan tatacara memperoleh anggaran dan perhitungan anggaran termasuk tim yang nantinya bergerak untuk mewujudkan seperti apa dan bagaimana Rumah Belajar. 

2. BUKU PROFIL PERPUSTAKAAN EDELWEIS

     Buku Profil Perpustakaan Edelweis ini berisi sejarah berdirinya, prestasi dan aktifitas selama beberapa tahun, kami dokumentasikan (setiap tahun kami revisi untuk update data kegiatan, kami rilis). Selain bisa dibaca warga, juga berfungsi sebagai dokumen bukti otentik yang diperlukan pihak donatur ataupun pemerhati perpustakaan, bahkan ketika lomba desa dan kelurahan.

3. BUKU LAPORAN AKHIR TAHUN 2022



     Sebenarnya setiap akhir tahun kami memberikan laporan akhir ke pak Lurah dari realisasi kegiatan hingga anggaran Perpustakaan Edelweis setiap tahun. Mulai tahun 2022 kami rilis di Pertemuan PKK Kelurahan Tawangmangu. Kami juga membuat laporan pelatihan,workshop berkaitan dengan perpustakaan.

4. BUKU-BUKU KEPERLUAN PELATIHAN MERAJUT (PROGRAM TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN)


      Dalam rangka sosialisasi Buku bacaan, dan berkenaan dengan Program Transformasi Perpustakaan (sejak tahun 2018), Rumah belajar mengadakan beberapa kegiatan antara lain Pelatihan Merajut (seperti diatas), kemudian peserta membawa buku-buku tersebut untuk dipelajari di rumah. Kami juga mengadakan program warga cinta membaca (bisa dilihat di IG: perpust_edelweis).

5. LEMBAR NEWSLETTER 'TAWANGMANGU BERWISATA'


     Fungsi newsletter, mengingat wilayah Tawangmangu adalah pegunungan, perbukitan dan jalan menanjak dan jauh, maka kami menerbitkan Newsletter, berjudul Tawangmangu Berwisata Berisi informasi buku, berita seputar Tawangmangu, masalah kesehatan, info wisata, English Corner, Bahasa Jawa, dan Surat Pembaca. Selain menerbitkan brosur kami juga menerbitkan lembar promo iklan membantu warga mempromosikan produk, toko, lokasi wisata, travel, lowongan
 kerja dls.

6. PROPOSAL ADVOKASI 

     Ada beberapa Proposal Advokasi yang telah kami tulis, salah satunya Proposal Advokasi diatas. Tidak perlu tebal cukup 5 lembar saja (kami pernah mendapatkan pelatihan dari Tutor CCFI, tentang cara membuat proposal singkat). Proposal tersebut kami buat saat akan menyelenggarakan festival pesta rakyat, namun tertunda karena beberapa kendala, seperti jembatan runtuh, salah satu pengurus sakit, belum fix persiapan dari tim panitia dll. Karena memang untuk sebuah event besar melibatkan tim yang solid dan benar-benar harus siap, tertata dan disiplin kerja agar nantinya terselenggara dengan maksimal dan sukses. Kami masih ranah membahas masalah tersebut dan semoga terealisasi aamiin (cover dari Microsoft word, terima kasih)


7. BUKU LAPORAN KEGIATAN TRANSFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL


     Salah satu perlengkapan lain selain Proposal Advokasi adalah Buku Laporan Kegiatan yang diperuntukkan bagi Para Stakeholder atau Donatur. Buku  Laporan Kegiatan ini sebagai langkah pertanggungjawaban kami selaku tim kegiatan transformasi. Mulai tahun 2022 kami membuat laporan seperti diatas. Misal pengadaan kaos Pelatihan bahasa Inggris untuk Bapak Ojek yang telah berpartisipasi mengikuti lomba Berdampak Peer Learning Nasional bulan Oktober 2023.

              (Contoh Kaos gambar diambil dari Google, design dari percetakan kaos milik tetangga, matur nuwun )


8. BUKU LAPORAN AKHIR TAHUN 2023


     Buku Laporan Akhir tahun 2023 berisi tentang Angggaran, kegiatan Perpustakaan Edelweis selama 1 Tahun, Terdiri Pengukuhan FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat), merupakan gabungan Perpustakaan dan Taman Baca Masyarakat, Lomba Literasi oleh FTBM se kabupaten Karanganyar, Story Telling diselenggarakan Hotel Nava,  Antar Buku (Delivery Order Book Basket), merupakan program akhir tahun 2023

8. BUKU ANTOLOGI  'KARYA CINTA UNTUK BUNDA'

     Buku diatas adalah kolaborasi menulis puisi antologi diikuti beberapa peserta dari Jawa Tengah bahkan dari Kalimantan. Termasuk Dewi Sri Lestari (pengelola). Dalam rangka Hari Ibu tanggal 22 Desember diadakan oleh Project Taman Baca, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sebagai tanda kehormatan terhadap sosok Ibu sesuai dengan kalimat bahwa surga itu dibawah telapak kaki ibu. 

9. BUKU KANDIDAT WRITERVATOR 23


     Kebetulan penulis hobi menulis dan alhamdullilah terpilih menjadi kandidat writervator (konsultan program) tahun 2023. Penyelenggara oleh PT Forum Indonesia Menulis, pada program event Tour dengan judul TourAksara 3 negara (Malaysia, Thailand, Singapura). Peserta berjumlah 327 Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, NTT, Pontianak, Lampung, Aceh hingga Papua. Bravo tim FIM, semoga berjalan lancar sukses dari pemberangkatan hingga pulang dengan membawa oleh-oleh cerita.  Salah satu syarat menjadi Writervator adalah menulis perjalanan traveling dan dibukukan berjudul The Writer Traveling. Untuk peserta tour nantinya juga menulis dengan judul Tour Aksara. Ayo sukseskan TourAksara Tour Edukasi!


thanks for the readers 

(Dewi/Pengelola)




Komentar

Postingan populer dari blog ini